by

Seri Daras Filsafat : Fajar Islam dan Kebangkitan Baru Filsafat

Peristiwa sejarah paling besar terjadi: Jazirah arab menyaksikan kelahiran, perjuangan dan hijrah Nabi Besar Islam. Muhammad saw. Mngumandangkan pesan petunjuk Illahi kepada telinga kesadaran alam. Sebagai langkah awal, Muhammad menyeru manusia untuk menuntut pengetahuan, menghargai budaya membaca, menulis, dan belajar setinggi-tingginya. Beliau membangun peradaban dan kebudayaan paling agung dan cerdas, ditengah-tengah masyarakat yang ummiy.
Sepeninggal Muhammad saw., mulailah penaklukan Islam terjadi. Penaklukan ini berlangsung sangat cepat. Di Timur, menaklukan Syria, pada tahun 634 H., dalam dua tahun. Pada tahun 637 berhasil meyerbu Persia yang menyerah tanpa syarat pada tahun 650. Ekspansi ke India tahun 664; ekspansi ke Konstantinopel tahun 669. Gerakan ke Arah Barat pun secepat di Timur. Mesir ditaklukan pada tahun 642, Charthage menyerah tahun 697, termasuk ekspansi ke Sicilia
Islam yang sangat terbuka dengan budaya dan ilmu pengetahuan, telah menjadikan mudah diterima dan cepat berkembang. Seiring dengan meluasnya wilayah pemerintahan Islam dan membesarnya kecenderungan terhadap agama. Di wilayah-wilayah Islam tersbut, tumbuh subur pusat-pusat pembelajaran dunia. Selain melahirkan banyak filosof besar yang dikemudian hari menjadi rujukan ilmu pengetahuan dan faktor penting renaisans di Eropa.
Takluknya Iskandariah pada tahun 641 memperluas kekuasan Islam atas Timur Tengah. Sejak zaman Iskandar Yang Agung, kota Iskandariah sudah dikenal sebagai taman peradaban Yunani. Iskandariah adalah pusat bergelutnya pemikiran spekulatif Yunani dengan berbagai tradisi keagamaan dan mistisme Mesir, Phonesia, Persia, Yahudi dan Kristen. Pada masa itu Iskandariah telah menggantikan posisi Athena sebagai lumbung filsafat dan sains. Kondisi tersebut memunculkan fenomena dialog yang dinamis antara pemikiran Islam dengan peradaban Yunani, khususnya dalam bidang filsafat dan sains.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed