by

Iman, Akhlak dan Amal

Agama memerintahkan kepada kita untuk meraih keutamaan akhlak dan melakukan perbuatan perbuatan baik yang dapat kita kerjakan dengan kemampuan kita. Sesuai dengan ini, agama dibagi menjadi tiga bagian.

1. Iman
2. Akhlak
3. Amal

A. Iman

Akal dan hati kita mengatakan bahwa alam semesta dengan sistem penciptaannya yang mengagumkan tidak mungkin muncul tanpa ada pengaturnya. Pasti ada pencipta yang telah menciptakan alam semesta yang luas dan megah ini dengan pengetahuan dan kekuasaannya yang tak terbatas. Dia pasti menciptakan alam semesta yang sangat pelik ini berdasarkan hukum hukum abadi yang mencakup seluruh wujud. Tidak mungkin Dia menciptakan alam semesta ini dengan sia sia tanpa tujuan, dan tidak ada satupun makhluk yang terlepas dari hukum-hukumNYA.Dia tidak mungkin membiarkan ciptaanNYA tanpa petunjuk.

Oleh sebab itu, Dia tentu telah menyampaikan ajaran ajaran untuk umat manusia melalui para nabi maksum, agar manusia bisa mencapai kebahagiaan dengan mengikuti ajaran tersebut.

B. Akhlak

Agama mengajarkan kita untuk meraih kebahagiaan bagi diri, dan agar kita menghiasi diri dengan sifat sifat baik dan mempertahankan hak hak individu dan hak orang lain. Agama mengajarkan kita untuk berusaha untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan akhlak yang baik yang pada akhirnya akan terlaksana keadilan sosial dalam semua urusan individu dan masyarakat.

C. Amal

Agama memerintahkan kita untuk.melaksanakan amal perbuatan yang bermanfaat bagi diri dan masyarakat dan menghinfdari perbuatan perbuatan yang merusak. Agama juga mengajarkan kita agar menyembah kepada Sang pencipta yang mutlak dan tunggal seperti solat,zakat,puasa dan haji sebagai tanda ketundukan dan kepatuhan.

Inilah ajaran yang dibawa oleh agama dan yang diserukan para nabi kepada umat manusia. Dan barangsiapa yang melaksanakan ajaran ajaran tersebut akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed