by

Mukadimah Keadilan Ilahi (Bag.2)

Alquran, hadis hadis Nabi SAW dan para maksumin menjelaskan ada dua macam keadilan, yaitu keadilan individu dan keadilan sosial. Agama islam juga mengajarkan dua jenis dari keadilan tersebut.
Apa itu keadilan individu?
Keadilan individu adalah menjauhi sifat sifat buruk seperti dusta, ghibah, fitnah dan menjauhi dosa dosa besar lainnya dan tidak terus menerus melakukan dosa dosa lain. Seseorang yang memiliki sifat keadilan individu disebut adil dan layak karena sifat keadilannya tersebut untuk menjadi rujukan umat seperti hakim, gubernur, ulama atau menjadi penanggung jawab umat dalam bidang lainnya. Akan tetapi jika seseorang tidak memiliki sifat keadilan individu tersebut maka tidak layak untuk menjadi penanggung jawab umat.
Apa itu keadilan sosial?
Keadilan sosial adalah kita tidak boleh melanggar dan mengambil hak orang lain dan memandang setiap orang sama kedudukannya dalam hukum Tuhan. Kita tidak boleh melampaui batas dan meremehkan dalam melaksanakan peraturan peraturan agama hanya karena didasari oleh pengaruh emosional.
Sesungguhnya Allah menyuruhmu berlaku adil (QS. An-Nahl : 90)
Kita diperintahkan berbicara dan bertindak adil dalam ayat ayat dan hadis yang banyak jumlahnya. Tuhan mengecam orang orang zhalim dan penindas dalam banyak ayat ayatNYA. Tuhan juga menyebutkan bahwa sifat sifat seperti itu hanya pantas disandingkan bagi hewan bukan kepada manusia.
Menurut kodrat alami manusia, tidak seorang manusia di muka bumi yang tidak memahami salah dan jahatnya penindasan, atau yang menyadari efek penderitaan yang ditimbulkan akibat penindasan. Pengalaman telah memperlihatkan kita dengan jelas bahwa para penindas tidak pernah berdiri tegak dengan kekal, bahkan sebaliknya runtuh dan hilang terhinakan.
Manusia memelihara hubungan sosial
kita tidak punya pilihan lain kecuali hidup di masyarakat dan bergaul dengan orang lain. Tidak diragukan lagi bahwa hubungan sosial tercipta sebagai konsekuensi kodrat sosial manusia agar menjamin spiritual dan material untuk membantu menyelesaikan masalah masalah hidup dengan cara yang lebih baik.
Dengan demikian kita wajib bergaul dengan orang banyak dengan cara berkasih saying dan berniat baik. Kita harus terus berusaha bersikap sosial dan memperoleh banyak saudara. Itulah sebabnya agama islam mengajarkan para pemeluknya agar membina hubungan sosial dengan baik sesuai dengan aturan aturan syar’i.
Kerjasama individu dalam masyarakat
Orang orang tertindas dimanapun berhak mendapatkan pertolongan, dan mereka menjadi tanggung jawab golongan yang mampu untuk memberikan pertolongan tersebut. Golongan mampu tidak bisa menghindar dan acuh tak acuh dalam keadaan dan urusan ini. Hukum hukum islam juga mengajarkan agar hak hak orang tertindas dipenuhi serta memandang golongan mampu sebagai pihak yang bertanggung jawab untuk membantu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed