by

Ikhtisar Mengenai Al Ma'ad

Secara bahasa ma’ad bermakna “kembali”. Sedangkan secara istilah “kembalinya hidup manusia setelah kematian”.

Hari kebangkitan termasuk topik paling penting dan menarik karena menentukan perihal takdir manusia. Alasan manusia tertarik mengetahui hari kebangkitan ada dua alasan.

Pertama, manusia pada hakikatnya mencintai pengetahuan dan mencari kebenaran khususnya yang berkaitan dengan hidupnya. Manusia ingin tau apakah kehidupan akan berakhir setelah kematian, atau setelah kematian memiliki kehidupan yang lain? Pertanyaan pertanyaan tersebut dapat menyegarkan dahaga manusia akan pencarian kebenaran.

Kedua, mengetahui tujuan hidup merupakan kepentingan bagi semua manusia. Karena hal itu memberikan pengaruh penting dalam pembentukan aktivitas dan perbuatan manusia.

Manusia yang berpikir bahwa kematian adalah akhir dari kehidupannya akan bertindak sedemikian rupa melawan nilai nilai ketuhanan dan nilai nilai kemanusiaan, dan hanya sibuk dengan urusan duniawi semata. Tetapi, manusia yang berpikir dan beriman akan memiliki keyakinan pada kehidupan abadi, sehingga akan mengatur segala kehidupan dunia agar mendapatkan kebahagiaan dan kesempurnaan di alam akhirat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed