by

Tafsir Ayat "Birrul Walidaen" Oleh Imam Ja'far Shodiq as

“Jika salah seorang dari antara mereka berdua atau kedua-duanya mencapai usia tua, maka janganlah kamu mengeluarkan kata-kata yang menghina mereka berdua dan janganlah kamu membentak mereka berdua…” (Surah al-Isra’ 23)

Imam Ja’far Shadiq as menerangkan tafsiran birrul walidaen ;
Imam Ja’far Shadiq a.s ketika ditanya tentang maksud firman Allah dalam Surah al-Baqarah 83 “…dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua…”, berkata, “Maksudnya kamu berhubungan baik dengan mereka, dan berikanlah apa yang menjadi kebutuhan mereka meskipun mereka memiliki banyak harta.
Bukankah Allah berfirman [dalam Surah aali ‘Imran 92], “Kamu tidak akan memperoleh kebaikan sebelum kamu menafkahkan sebagian dari harta yang kamu sukai.”
Sedangkan firman Allah yang berbunyi, “…jika salah seorang dari antara mereka berdua atau kedua-duanya mencapai usia tua, maka janganlah kamu mengeluarkan kata-kata yang menghina mereka berdua dan janganlah kamu membentak mereka berdua…” (Surah al-Isra’ 23)
Maksudnya, jika mereka berdua menyakiti kamu maka janganlah kamu mengeluarkan kata-kata yang menghina mereka berdua, dan janganlah kamu membentak mereka berdua meskipun mereka memukul kamu.
Masih di ayat yang sama “dan bicaralah kepada mereka berdua dengan kata-kata mulia”. Kata Imam Ja’far, “Jika mereka berdua memukul kamu maka ucapkanlah untuk mereka berdua: Semoga Allah mengampuni kalian berdua. Itulah yang dimaksud dengan kata-kata mulia dari kamu.
Firman-Nya selanjutnya, “Dan rendahkanlah diri kamu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih sayang…”. Kata Imam Ja’far, “Hendaklah kamu memandang mereka berdua dengan penuh kasih sayang dan kelembutan, janganlah kamu meninggikan suara kamu di atas suara mereka, janganlah kamu mengangkat tangan kamu di atas tangan mereka, dan janganlah kamu berjalan di depan mereka.”
(Misykatul Anwar, Hasan bin Fadhl bin Hasan Tabarsi, hadits ke-863)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed