by

Filosofi Mengimani Sayyidil Wujud Muhammad SAW

Muhammad yang kita imani bukan sekedar Muhammad Historis yang pernah hidup 14 abad silam melainkan juga Muhammad Eksistensial yang sudah ada sebelum ia lahir.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad yang menjadi causa (sebab) kedua terciptanya alam semesta.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad yang merupakan Tajalli (Manifestasi) pertama Allah di alam semesta.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad yang memiliki sisi Divinitas (Robbani) sekaligus sisi Humanitas (Insani), beliau Imanen (sangat dekat dengan kita) sekaligus Transenden (melampaui batas-batas manusia biasa).
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad yang menjadi Konektor (Wasilah) kita kepada Allah sehingga Sholat tanpa menyebut nama Muhammad, batal dan bukan Sholat.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad sang manusia suci (Ma’sumiin) sejak lahir, bukan Muhammad yang tidak suci sehingga harus dibelah dadanya oleh Malaikat, dikeluarkan hatinya kemudian disucikan dengan air Zam Zam.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad yang di hadapannya Malaikat Jibril duduk bersimpuh laksana seorang Hamba Sahaya di depan Majikannya, Muhammad yang ketika akan wafat, Malaikat Izrail sampai harus meminta izin terlebih dahulu dari beliau untuk masuk ke rumah beliau saw, bukan Muhammad yang tidak mengenal Malaikat Jibril pada awal turunnya wahyu, sehingga perlu berkonsultasi dengan seorang Pendeta Kristen yang bernama Waraqah bin Naufal.
Muhammad yang kita imani adalah Muhammad sang Insan Kamil (Manusia Perfect / Sempurna), Muhammad yang merupakan Uswatun Hasanah (sebaik baik teladan), bukan Muhammad yang bermuka masam dan memalingkan wajah dari seorang Mu’min yang Buta.
Apakah ini artinya kita mengkultuskan Rasulullah saw ? Sangat keliru. Karena Kultus itu adalah ketika kita memposisikan seseorang bukan pada tempatnya. Tapi bila kita menempatkan seseorang sesuai dengan maqomnya (derajat / posisinya) maka itu namanya Proporsional.
 Sumber : baitulmuhibbin.com/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed