by

Hikmah Imam Ali as : Banyaknya Jumlah tidak Menjamin Kebenaran

“Engkau tak perlu merasa kesepian saat berada di jalan kebenaran, hanya karena sedikitnya jumlah orang yang ikut di jalan tersebut.” (Imam Ali bin Abi Thalib as, 599-661)
Banyaknya jumlah tidak menjamin dimana kebenaran berpihak. Menapaki dan selalu berusaha konsisten berada di jalan kebenaran merupakan suatu kemuliaan, namun pada saat yang sama juga penuh dengan resiko, cobaan, dan bahkan mara bahaya.
Salah satu resiko itu adalah kesunyian atau kesendirian karena sedikitnya orang lain yang menyertai perjalanan tersebut.
Kadang begitu hebat ujian kesendirian tersebut sehingga dapat membuat orang ragu apakah yang sedang dijalaninya memang adalah sesuatu yang benar.
Memang kebenaran bukan selalu identik dengan jumlah pelakunya.
Bisa jadi banyak pihak yang mau berbagi dan mengikuti jalan kebenaran dalam jumlah besar, dan karenanya menjadi mudah atau meringankan.
Apakah kebenaran akan diikuti jumlah yang besar atau sedikit, tak perlu dijadikan sebagai ukuran utama.
Yang penting adalah kesiapan kita untuk menghadapi resiko dari pilihan.
Sikap konsisten dalam menjalani dan melaksanakan kebenaran merupakan salah satu fondasi bagi kehidupan yang produktif dan bermanfaat, baik untuk diri kita maupun bagi semua.
Dan ini tentu sangat tidak mudah.
Syahid Ayatollah Behesyti berkata;
Dalam hidup ikutilah orang yang setiap kali kamu semakin dekat dengan kehidupan khususnya, kamu akan menyaksikan realitas iman dalam dirinya!! کتاب هم حسینی بود هم بهشتی
 
Sumber : Chanel telegram @Tafsirhikmah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed