by

Ulama yang Menjadi Pengikut Setan

Ulama yang Menjadi Pengikut Setan : Salah seorang darinya yang Allah ungkapkan dalam al-Quran surah al-A’raf 175-176 adalah Bal’am bin Ba’ura.
Bal’am ini hidup di jaman Nabi Musa as. Dan menurut riwayat Imam Ridha as dari Husein bin Khalid bahwa Allah memberi Bal’am Ismul a’zham (nama Allah teragung) yang apabila ia berdoa dengannya maka doanya akan dikabulkan. Tapi Bal’am kemudian condong kepada Fir’aun, musuh Nabi Musa as.
Suatu waktu Fir’aun dan orang-orangnya yang sedang mencari Musa as dan para pengikutnya bertemu Bal’am. Fir’aun berkata kepada Bal’am, “Doakanlah agar Musa dan para pengikutnya dapat kami tangkap.”
Lalu Bal’am menaiki keledainya untuk mencari Musa as dan para pengikutnya, namun keledainya tidak mau bergerak.
Bal’am memukul keledainya itu, maka Allah menjadikan keledai itu berbicara, “Celaka engkau! apa alasan engkau memukulku? apakah engkau ingin agar aku pergi bersamamu untuk menyusahkan Nabi Allah dan orang-orang yang beriman bersamanya?”
Bal’am terus memukul keledainya hingga mati. Dan Ismul A’zham yang Allah berikan kepadanya menjadi tercerabut dari lisannya. Lisannya tidak lagi bisa mengucapkan Ismul A’zham itu.
Bal’am menjadi pengikut Setan dan masuk ke dalam kelompok orang-orang yang sesat.
 
Sumber : Facebook Ali Yahya di  https://www.facebook.com/alby2202?fref=ts
Referensi : Biharul Anwar 13/377-378; Tafsir al-Burhan 3/246-247

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed