by

Sayyid Husain Fadhlullah : Bersikap Adil Pada Musuh

Tidak salah jika kita memuji kebaikan pribadi-pribadi yang kita cintai. Namun salah jika kita menutup mata dari kebaikan pribadi-pribadi yang tidak kita sukai.
Al-Quran menperingatkan kita agar jangan sampai kebencian kita kepada suatu kaum menyeret kita pada sikap tidak adil dalam berperilaku terhadap mereka.
“Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum mendorongmu untuk berlaku tidak adil.”
Jika kamu memusuhi orang lain, jangan sampau permusuhanmu dengannya mendorongmu untuk tidak berbuat adil kepadanya sehingga
sehingga anda mencegahnya dari mendapatkan haknya. Inilah keadilan yang kita inginkan.
Yakni, kita sebagai masyarakat yang modern saat ini siap untuk berbohong untuk kepentingan orang yang dicintainya, tapi ia tidak siap untuk menyebutkan kebaikan orang yang tidak dicintainya meskipun pada kenyataannya orang itu memang baik.
Misalnya, kita membenci orang-orang yang pernah hidup dalam sejarah. Kita membenci beberapa sikap mereka di dalam sejarah. Tidak ada seorang pun yang kebaikan mereka, padahal mereka pun memiliki kebaikan.
Allamah Sayyid Muhammad Husain Fadhlullah ra. menyinggung sekilas tentang hal tersebut di dalam video maula.tv ini. Selamat menyaksikan!
 
https://www.youtube.com/watch?v=BiOBqvdLf_4

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed