by

Keagungan Akhlak Abul Fadhl Abbas

Abul Fadhl Abbas adalah putra dari Imam Ali as dan Ummul Banin yang dipersiapkan untuk menjaga dan membela Imam Husein as. Untuk itu beliau selama hidupnya tidak pernah berkata kepada kakaknya Imam Hasan as dan Imam Husein as dengan panggilan “Akhi” Saudaraku.
Qalbas didalam kitab Khasaish Abbas berkata,
Sesungguhnya Abbas dari semenjak kecil hingga dewasa tidak pernah berkata saudaraku kepada Imam Husein as karena kata saudara didalam bahasa arab memiliki makna setara, sepadan dan sama rata dan Abul Fadhl Abbas tidak ingin menyamakan dirinya dengan putra Al-Zahra as.
Ulama bahasa berkata,
ان کلمة الاخ تدل علی التکافؤ او الکفاءة
“Sesungguhnya kata “Al-Akh” Saudara didalam bahasa arab memberikan makna sepadan dan setara.”
Ketika kita berkata kepada seseorang wahai saudaraku atau zaman sekarang lebih sering dipakai kata “Bro” maka disana antara memanggil dan yang dipanggil memiliki kesetaraan dan kesepadanan.
Untuk Itu Al-Abbas tidak pernah berkata “Ya Akhi” selama hidupnya kepada Imam Husein as, (selain ketika beliau hendak mereguk cawan syahadah ketika dipelukan Imam Husein as menurut beberapa riwayat) Dikarenakan ketinggian adab dan akhlaknya. Abbas as hanya berkata kepada Imam Husein as dengan panggilan, “ Wahai Tuanku dan Junjunganku.”
Begitupula Qalbas dalam Khasais Abbas meriwayatkan bahwa,
لا یجلس العباس فی المجلس الا امره الامام الحسین علیه السلام. اذا اذا کان الامام الحسین لم یامره باالجلوس فوقف احتراما لامامه
“Abul Fadhl Abbas, ketika didalam sebuah majelis tidak pernah duduk sampai Imam Husein as memerintahkannya untuk duduk. Jika Imam Husein as tidak memerintahkan Abbas untuk duduk, maka Abul Fadhl akan tetap berdiri sebagai bentuk penghormatan kepada Imamnya.”
Inilah akhlak Abbas as didepan Imam Zamannya, walaupun Imam zamannya secara nasab adalah kakaknya, namun Abul Fadhl Abbas tetap menghormati dan mengagungkan Imam Husein as melebihi apapun didunia ini. Inilah sikap makmum terhadap Imamnya.
oleh : Abu Syirin Al Hasan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed