by

Syaikh Asad M. Qashir : Persoalan Fikih Niat Puasa dan Imsak

Allamah Syaikh Asad Muhammad Qashir mengulas secara singkat tiga persoalan sekaitan dengan puasa Ramadhan, dan dua diantaranya akan diulas di sini. yaitu tentang niat puasa dan persoalan imsak. Berikut transkip penjelasan dari Syaikh Asad :
Persoalan niat puasa.
Apakah niat puasa harus dilafazkan ?
Niat tidak disyarakatkan pelafadzan, yaitu dengan mengatakan, misalnya : “Saya niat berpuasa bulan Ramadhan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.”
Niat adalah maksud atau kesadaran. Karena itu cukup dengan bermaksud saja. karena maksud itu urusan hati, atau pekerjaan hati. Tidak disyaratkan pelafadzan dan cukup sekali untuk satu bulan Ramadhan.
Persoalan imsak.
Apakah disunnahkan berihtiyath (berhati-hati) dengan imsak sebelum terbit fajar ?
Saya telah katakan bahwa saya tidak setuju dengan adanya imsakiyah yang menentukan waktu imsak sebelum terbit fajar. Meskipun dimaksudkan untuk kehati-hatian. Karena di mazhab kita, Ahlulbait, tidak ada dalil yang mendasari kesunnahan imsak sepertiga atau setengah jam sebelum fajar.
Sebagaimana itu juga ada pada saudara-saudara kita Ahlussunnah, bahkan mereka memiliki fatwa dalam hal ini. Tapi saya juga telah mengatakan bahwa bahkan dalil-dalil yang dipegang oleh saudara-saudara kita Ahlussunnah wal jama’ah tidak dapat kita gunakan untuk mendasari kesunnahan imsak sepertiga atau setengah jam sebelum fajar.
Di dalam mazhab Ahlulbait tidak ada dalil kesunnahan imsak. Saya tidak setuju akan ditetapkannya imsakiyyah yang membatasi waktu imsak sebelum terbit fajar. Allah berfirman, “.. dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (Q.S. Al-Baqarah : 187).
Terbit fajar ini menjadi waktu imsak puasa sekaligus menjadi awal waktu shalat Shubuh. Adapun ketentuan bahwa setengah jam sebelum terbit fajar harus imsak, dan dua puluh menit setelah fajar untuk kehati-hatian baru tunaikan shalat subuh, kenapa harus demikian?
Kenapa harus dibuat tambahan-tambahan yang tidak berdasar? Saat terbit fajar, masuklah waktu imsak dan waktu shalat subuh. titik !
Sumber : maula.tv

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed