by

Muslim Syiah Kota Bauchi Kembali Tuntut Pembebasan Syaikh Zakzaky

Pada hari ke-600 tertangkapnya ketua Gerakan Islam Nigeria Syaikh Ibrahim Zakzaky ratusan muslim Syiah melakukan aksi unjuk rasa menuntut rezim Abuja di kota Bauchi untuk membebaskan ulama kharismatik tersebut yang sebelumnya telah dinyatakan Mahkamah Nigeria tidak bersalah.
Syaikh Zakzaky bersama dengan istri ditahan sejak bulan Desember 2015 oleh militer Nigeria pasca insiden penyerangan ke kediamannya yang menewaskan lebih dari 100 warga kota Zariyah termasuk anak Syaikh Zakzaky. Syaikh Zakzaky oleh militer dituduh hendak melakukan makar dan memimpin perlawanan terhadap rezim.
Sebelumnya berbagai aksi unjuk rasa solidaritas untuk  Syaikh Zakzaky dilakukan berbagai kelompok masyarakat dan di berbagai negara. Diantaranya  oleh ribuan warga Qom Republik Islam Iran setelah menunaikan shalat Jum’at bersama (Januari 2016), Aksi Unjuk Rasa Warga Karachi di Negeria, Aksi Unjuk Rasa Warga Masyhad di Negeria, Ribuan Muslim Bahrain di Nigeria, Aksi Unjuk Rasa Warga Lafiya, dan Aksi solidaritas juga dilakukan para aktivis di Jakarta Indonesia.
Para demonstran memprotes kebiadaban militer Nigeria dan bungkamnnya lembaga-lembaga internasional dunia termasuk kepala-kepala negara dalam menyikapi tragedi kemanusiaan di Nigeria.
Sumber : http://id.abna24.com
 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed