by

Ulama Syiah Saudi : Perang Atas Nama Agama, Penodaan Terhadap Agama

Di era sekarang ada kelompok-kelompok yang sering menyerukan perang dengan mengatasnamakan agama. Padahal, di dunia ini tidak ada ajaran suatu agama apa pun yang menjadikan perang sebagai sarana dakwahnya, apalagi Islam.
Di dalam Islam, perang hanya boleh dilakukan untuk mempertahankan diri dari musuh yang menyerang dan melakukan kezaliman. Itu pun tidak diperkenan jika dilakukan hingga melampaui batas. Perang atas nama agama tidak lain hanya akan menodai agama.
Berikut cuplikan ceramah Syaikh Hasan Shaffar dalam khutbahnya :
Peperangan yang terjadi dengan cover agama adalah hal yang paling berbahaya dan paling buruk i dalam sejarah manusia karena dapat menghampakan agama kita dari kandunga dan maknanya. Dan mengarahkannya kepada arah berlawanan dari makna dan tujuannya.
Dalam kehidupan manusia, fungsi agama adalah menyuplai ketentraman, memenuhi ketenangan dan kenyamanan dalam interaksi-interaksii sosial, membina jiwa dan moralnya. Inilah sebenar-benarnya falsafah agama dalam kehidupan manusia. Inilah tujuan agama dalam kehidupan umat manusia.
Perang-perang atasnama agama hanya memberi semacam kontra tujuan dan penghapusan terhadap nilai-nilai agama dari dalam dan atasnama agama. Sehingga perang-perang itu merubah sumber kemurnian, kebersihan. Dan sumber kesucian tersebut, perang-perang itu merubahnya menjadi pemicu balas dendam, pemicu permusuhan, dan pemicu penghancuran. Dan ini berarti penghapusan tujuan agama dalam kehidupan manusia.
Demikianlah apa yang disampaikan oleh Allamah Syaikh Hasan Shaffar di dalam potongan salah satu khutbah Jum’atnya di dalam video ini.
https://www.youtube.com/watch?v=1FDhEQlh96I
Sumber : Maula.tv

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed