by

Ibadah Haji Seharusnya Jadi Ajang Konferensi Akbar Umat Islam

Di setiap tahunnya, Ibadah haji seharusnya menjadi ajang konferensi akbar umat Islam yang menghasilkan keputusan-keputusan bersama yang mengikat mereka sekaligus mempengaruhi bukan hanya kaum saja, melainkan mendominasi dunia secara keseluruhan.
Tapi sayang di masa-masa sekarang ibadah haji telah kehilangan makna sejatinya. Haji telah menjadi ritual yang kosong dari tujuan-tujuannya yang diinginkan oleh Islam dan Rasulullah Saw.
Berikut  potongan salah satu khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Syahid Syaikh Dr. Muhammad Sa’id Ramadhan Al-Buthi ra :
Jika saja jumlah besar dari kaum Muslimin yang berbondong-bondong dari berbagai belahan dunia menuju Baitullah yang Mulia ini, jika saja mereka menuju padanya (Baitullah) dengan niat-niat yang tulus, dengan hati-hati yang bersih, dan dengan perilaku yang lurus dan selaras dengan perintah-perintah Allah Swt, niscaya dari mereka akan terbentuk arus yang mendominasi dan dapat mempengaruhi seluruh dunia.
Kemudian dari arus itu akan terbentuk seberkas cahaya hidayah yang mendominasi da berpengaruh tidak hanya terhadap seperempat dunia Islam saja, melainkan akan berpengaruh terhadap seluruh dunia kemanusiaan. Tapi anda menyaksikan, seluruh dunia menyaksikan.. anda melihat orang-orang dalam jumlah yang besar dan banyak menempuh beragam jalan dan cara untuk menuju Makkah, menuju ke Baitullah yang Suci, mereka pergi untuk menunaikan thawaf dan berumrah.
Allah Swt mensyari’atkan ibadah haji di setiap tahun tidak lain adalah agar terbentuk suatu konferensi yang dihadiri oleh kaum Muslimin dari berbagai belahan dunia, yang kemudian dari konferensi itu mereka menghasilkan kaidah untuk mengatur kehidupan mereka, mempengaruhi perilaku mereka, dan menjadi solusi bagi segala masalah mereka.
Itulah hikmah di balik syari’at haji yang diperintahkan Allah Swt kepada hamba-hamba-Nya. Lihatlah bagaimana ibadah haji Nabi Muhammad Al-Mushtafa Saw, bukankah telah menjadi suatu konferensi yang keputusan-keputusannya mendominasi dunia secara keseluruhan.
Selengkapnya, simak di dalam video berikut ini.
https://www.youtube.com/watch?v=-qAuCSMgk8I
Sumber : maula.tv

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed