by

Hubbul Wathan Minal Iman, Cinta Tanah Air Direstui oleh Agama

Cinta Tanah Air, Kecenderungan Manusia Yang Direstui Agama
Setiap manusia pasti mencintai tanah airnya. Karena cinta tanah air adalah kecenderungan fitrah yang ditanamkan Allah pada setiap manusia.
Ketika agama Islam datang, dengan syariatnya Islam merestui dan menganjurkan kecintaan terhadap tanah air. Maka, di dalam sabdanya yang masyhur, Rasulullah Saw berkata, “Cinta tanah air sebagian dari iman.”
Berikut ini adalah potongan ceramah dari Allamah Syaikh Hasan Shaffar :
“Hubbul wathan minal iman”, cinta tanah air merupakan bagian dari iman. Hadis ini diriwayatkan oleh Syaikh Abbas Alqummi di dalam kitab “Safinatil Bihar”. Hadis ini juga terdapat dalam kitab-kitab rujukan lainnya.

“Negeri-negeri dimakmurkan dengan cinta terhadap tanah air” – (Amirul Mukminin Alil bin Abi Thalib as).

Demikian juga diriwayatkan oleh Amirul Mukminin Alil bin Abi Thalib as : “Negeri-negeri dimakmurkan dengan cinta terhadap tanah air”. Suatu negeri akan dimakmurkan karena kecintaan para penduduknya terhadapnya.
Sesungguhnya cinta dan kesetiaan kepada tanah air merupakan kecenderuangan fitrah kemanusiaan yang dianjurkan dan direstui oleh agama.
Tapi cinta dan kesetiaam kepada tanah air, tidak tercerminkan hanya dengan mengusung slogan-slogan. Melainkan harus ada dedikasi bagi tanah air, pembelaan untuknya dan penguatan untuknya serta persatuan di antara anak-anak bangsanya.
Agar mereka membentuk suatu barisan dalam menghadapi berbagai ancaman dan tantangan.
Tidak jujur dalam kecintaan dan kesetiaannya terhadap tanah air, orang yang memecah belah di antara warga negaranya. Dan orang yang memicu kebencian dan kedengkian di antara mereka.
Karena diantara penyebab kekuatan tanah air adalah persatuan di antara putera-putera bangsanya.
Simak videonya di maula.tv berikut ini :
https://youtu.be/LdZvQ7CtVZo
 
 
 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed