by

Sebaik-baik Istri dalam Ucapan Imam Ali

Imam Ali bin Musa ar-Ridha as, Imam kedelapan Syiah meriwayatkan sebuah hadis dari Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as, bahwa sebaik-baik istri memiliki lima sifat, yang jika kelima sifat tersebut terhimpun pada seorang istri, maka dia adalah sebaik-baik istri di muka bumi. 

Kelima sifat tersebut adalah tidak menyulitkan, ucapannya tidak menyakitkan, taat pada suaminya, tidak tidur di malam hari sebelum membuat suaminya ridha dan menjaga diri dan hartanya jika jauh dari suaminya. Hadis ini dimuat dalam kitab al-Kafi, jilid 5, halaman 325 dan Wasail al-Syiah jilid 20 halaman 29. 

Pertama, tidak menyulitkan. Permintaan-permintaannya tidak membuat suaminya terjebak dalam kesulitan. 

Kedua, ucapannya tidak menyakitkan. Ia senantiasa menjaga lisannya dari umpatan, makian dan cacian. Lisannya jauh dari ucapan yang bisa membuat remuk hati suaminya. 

Ketiga, taat pada suaminya. Ia mematrikan dirinya untuk memberikan ketaatan pada suaminya. 

Keempat, ia tidak menutup matanya pada malam hari, kecuali sebelumnya ia telah membuat ridha suaminya. Salah satu kebiasaan Sayidah Fatimah sa dalam kehidupannya, bahkan sampai menjelang wafatnya, ia kerap bertanya pada suaminya, “Ali kekasihku, apakah engkau ridha denganku?”. 

Kelima, amanah dan menjaga kepercayaan. Jika suaminya keluar rumah dan dalam keadaan bepergian, ia menjaga diri dan harta suaminya. (abna)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed