by

Sebab Kehancuran Kepemimpinan Alawi

Gambar mungkin berisi: 2 orang

Imam Hasan al-Mujtaba ditanya oleh sahabatnya sebab terbentuknya rekonsiliasi antara beliau as dan Muawiyah. Imam Hasan as menjawab:

“كنتم في ايامكم مسير صفين اصبحتم دينكم امام دنياكم و اليوم اصبحتم دنياكم امام دينكم”

“Dahulu pada hari dimana kalian berjalan menuju perang Shifin (Melawan Muawiyah) kalian lebih mengedepankan agama kalian dari dunia kalian, namun kini, kalian lebih mengedepankan dunia kalian dari agama kalian.”

(Usudul Ghabah, Juz.2 hal.13/ Bihar Al-Anwar, Juz.74, Hal107)

Imam Hasan as menjelaskan mengapa beliau terpaksa melakukan rekonsiliasi sehingga berbuntut terbentuknya dinasi Umayyah dan Abbasiyyah serta syahidnya Imam-imam Ahlul-Bayt as hingga ghaibnya Imam Zaman as adalah dikarenakan kaum muslimin, khususnya pengikut Ahlul-Bayt pada masa itu, lebih mengedepankan perkara dunia dan pernak-perniknya.

Mereka lelah memperjuangkan agamanya sehingga harus menjualnya dipasar dunia dengan murah dan Muawiyah kala itu siap membeli akhirat mereka, berapapun harganya.

Mereka berbondong-bodong menjual agama mereka kepada Muawiyah dan siap menikam paha putra Rasulullah saww dengan belati serta meninggalkannya sendirian.

Menjual agama dengan harga murah kepada penguasa adalah fenomena sejarah yang berulang dengan aktor yang berbeda. Ketika masih ada aktor-aktor seperti sahabat Imam Hasan as di era ini, maka jangan berharap Imam Mahdi as hadir ditengah-tengah kita. (Abu Syirin al-Hasan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed