by

Muslim Wajib Belajar Ilmu-ilmu Berbagai Bidang

Ilmu Islam, nyatanya dapat didefinisikan dengan berbagai pola, yang masing-masing pola akan memiliki sesuatu sebagai subjek. Dengan demkian, subjek akan ditentukan dengan pola pendefinisian tadi.

Berikut akan diterangkan pola-pola yang telah muncul untuk mendefinisikan ilmu Islam.

  • Serangkaian ilmu yang membahas seputar agama Islam, pokok maupun cabangnya, sekaligus hal-hal yang menjadi pendahuluan bagi pokok dan cabang tersebut, yaitu Aquran dan sunah. Seperti ilmu qira’ah, ilmu hadis, Tafsir, Kalam Naqli, Fikih, Akhlaq Naqli.

 

  • Ilmu-ilmu yang tercantum di atas, ditambah serangkaian ilmu yang menjadi pendahuluan baginya. Seperti : ilmu-ilmu linguistik Arab (Sharaf, Nahwu, Lughah, Ma’ami, Bayan, Badi’, dan sebagainya), ilmu rijal, ilmu dirayah, Kalam Aqli, Akhlaq Aqli, Hikmah Ilahiah, Mantik (Logika), dan Ushul Fiqih.

 

  • Disiplin-disiplin ilmu yang mempelajarinya, bagaimanapun juga, termasuk dalam kewajiban agama, walau sekadar wajib kifayah (Kewajiban bersama bagi Muslim mukalaf atau Muslim dewasa yang telah terbebani kewajiban syariat. Yang apabila telah dilaksanakan oleh seseorang diantara mereka, yang lain terbebas dari kewajiban itu.). Nabi Saw bersabda, “Menuntut Ilmu adalah wajib bagi Muslim laki-laki maupun perempuan.”

Kita sadar bahwa serangkaian ilmu yang membahas seputar agama dan hal-hal yang menjadi pendahuluan bagi mereka, memang wajib untuk dipelajari dan dikaji, karena mengenali pokok agama (ushuluddin) merupakan kewajiban bagi setiap pribadi Muslim, sementara mengenali cabang agama (furu’uddin) merupakan wajib kifayah.

Mengenal Aquran dan sunah juga wajib, karena tanpa kaduanya tak akan didapatkan pengenalan tentang pokok maupun cabang agama. Demikian pula dispilin ilmu yang menjadi pendahuluan bagi serangkaian ilmu di atas, juga menjadi wajib berdasarkan prinsip muqadimatu al wajib (Prinsip yang menyatakan bahwa suatu hal yang menjadi pendahuluan bagi hal wajib dengan sendirinya menjadi wajib pula)

Semestinya di kalangan ilmuwan Islam terdapat orang-orang yang menguasai disiplin ilmu tersebut, bahkan orang-orang yang mengembangkannya.

Para ilmuwan Islam sepanjang empat belas abad, telah berusaha semaksimal mungkin untuk terus memperluas jankauan ilmu-ilmu di atas, Dan sebagaimana yang nantinya akan menjadi jelas bagi kita, mereka telah mencapai kesuksesan yang menonjol sekali.

Kini kita menyatakan bahwa ilmu yang merupakan kewajiban bagi segenap umat Islam tidaklah terbatas pada apa yang telah disebutkan di atas, melainkan juga mencakup segala macam ilmu yang menjadi syarat atas terselesaikannya setiap kebutuhan masyarakat Islam.

Jelasnya, Islam merupakan agama yang tidak membatasi dirinya pada sejumlah petuah etis yang bersifat individual-personal, melainkan merupakan agama yang berusaha untuk membangun sebuah masyarakat sempurna, Apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, Islam mewajibkannya.

Misalnya sebuah masyarakat membutuhkan dokter, maka menuntut ilmu kedokteran akan menjadi wajib kifayah. Artinya, harus terdapat dokter sebanyak yang dibutuhkan oleh masyarakat, jika tidak, maka setiap orang dalam masyarakat tersebut bertanggung jawab dan harus mencurahkan upayanya demi melahirkan dokter dalam jumlah yang mencukupi.

Begitu pula dengan ilmu pendidikan, politik, ekonomi, perdagangan, industri, dan sebagainya. Jika pada kondisi tertentu keterjagaan sebuah masyarakat Islam tergantung pada penguasaan terhadap tahap-tahap tertinggi dan teknologi- dalam “pengertian” yang ekstrim sekalipun – bahkan sampai batas-batas itu juga Islam akan mewajibkan pengkajian terhadapnya.

Segala ilmu yang dibutuhkan oleh sebuah masyarakat Islam akan menjadi wajib kifayah bagi setiap pribadi untuk menuntutnya.

Jadi berdasarkan definisi point di atas, Ilmu Islam akan mencakup mayoritas Ilmu Alam dan Ilmu Matematika yang dibutuhkan oleh masyarakat Islam. Dengan ilmu maka insya Allah kebenaran bisa dikenali sehingga kita tahu kepada siapa akan berpihak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed