by

Mengapa Imam Hasan Berdamai dan Imam Husain Bangkit?

Rasulullah Saw: “al-Hasan dan al-Husain adalah Imam, baik berkuasa maupun tidak.”

Muslim Syiah meyakini sikap Imam Maksum adalah yang paling benar dan otoritatif, bagaimana pun dia. Berikut ini adalah upaya untuk memahami dan menganalisis sikap kedua Imam, Hasan as dan Husain as

  1. Mu’awiyah secara lahiriah menampilkan keislamannya di hadapan manusia dan menjaga sebagian persoalan agama.

    Sementara Yazid terang-terangan berbuat fasik, keji dan dosa-dosa besar dalam bentuk yang jelas. Tiada pilihan selain bangkit untuk menyelamatkan kemurnian eksistensi Islam

  2. Pasukan Imam Hasan meninggalkannya sendiri ketika diberi pilihan antara mati syahid atau hidup damai lalu mereka memilih, “Berakhir sudah.” Hal ini berlanjut ketika sebagian mereka berkhianat dan mempersiapkan untuk menyerahkan Imam Hasan as dalam keadaan hidup atau mati.

    Sementara Imam Husain as mengizinkan keluarga dan para sahabatnya untuk meninggalkannya. Namun, mereka menyerahkan diri mereka sebagai bentuk kesetiaan dan dukungan dengan ucapan dan pengorbanan mereka di hadapan Imam Husain as.

  3. Seandainya Imam Hasan as melanjutkan perang dan upaya pembunuhan dirinya sukses lantaran para pengkhianat, niscaya tidak membawa pengaruh dalam membangkitkan umat. Sementara menerima perdamaian yang syarat-syaratnya dikhianati Mu’awiyah akan mengungkap jati diri Mu’awiyah.

    Kesyahidan Imam Husain as,  keluarganya, dan para sahabatnya dengan cara mengenaskan dan tertawannya para wanita berpengaruh besar dalam menyadarkan umat dan mengungkap jati diri Bani Umayah.

  4. Imam Hasan as meninggalkan kekuasaan kepada Mu’awiyah, namun tidak pernah membaiatnya. Bahkan beliau menegaskan dalam syarat-syarat perdamaian penolakannya atas kekuasaan Mua’wiyah atas kaum Muslimin. Mu’awiyah pun pada dasarnya tidak menuntut baiat.

    Sementara Yazid secara tegas menuntut Imam Husain untuk membaiatnya, bahkan memerintahkan gubernur Madinah untuk membunuh al-Husain as jika tidak membaiatnya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed