by

Pembunuh Imam Husain a.s. adalah Syiah?

Sebagian orang menyembutkan isu bahwa Syiah Ali di Kufah adalah para pembunuh Imam Husain a.s. Muslim Syiah di Kufah saat itu hanya 15% atau sekitar 15 ribu jiwa.

12 ribu dipenjara di tahanan Ibnu Ziyad dan lainnya. Ratusan dieksekusi mati seperti Maytsam at-Tammar dan Hani’ bin ‘Urwah. Sejumlah besar mengungsi ke Mosul dan Khurasan. Sebagian diblokade agar tidak sampai ke Imam Husain a.s.

Orang-orang yang mengundang Imam Husain a.s. lalu membunuhnya bukanlah Muslim Syiah. Mereka mengundang Imam Husain a.s. karena meyakininya sebagai pelanjut khilafah Rasulullah Saw, baik sebagai salah satu sahabat maupun cucu, juga sebagai Imam Maksum yang wajib ditaati.

Baca juga: Pandangan Sunni dan Syiah tentang Fikih dan Ijtihad [2/7]

Sejumlah elit kabilah yang membunuh Imam Husain a.s. adalah para pendukung Bani Umayah sebelum dan setelah peristiwa Asyura, seperti: Umar bin Sa’ad, Hushain bin an-Numair, dan Syabats bin Rab’i.

Celakalah kalian wahai Syiah keluarga Abu Sufyan! Jika kalian tidak beragama dan tidak takut hari Pembalasan, jadilah kalian manusia merdeka di dunia ini!

(Khotbah Imam Husain a.s. kepada pasukan Umar bin Sa’ad di Karbala)

Khotbah ini menegaskan kepada kita, Syiah manakah yang membunuh Imam Husain a.s.

Baca juga: Fakta tentang Eksistensi Syiah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed